Saturday, September 22, 2012

Tutorial Coloring, Shading, & Highlighting di Photoshop

Halo semua, Akhir - akhir ini entah kenapa otak lagi gak ada ide buat nulis tentang hal - hal aneh ataupun cuma sekedar bercerita kehidupan sehari - hari. Huah tapi walaupun begitu tidak memudarkan semangat saya untuk tetep blogwalking, kecuali kalau emang lagi sibuk sih. Yah trus saya kepikiran buat nulis tutorial aja. Berhubung udah lama banget nggak nulis tutorial dan buat nyimpen ilmu juga siapa tau beberapa tahun kemudian dibutuhin. Pingin liat tutorial saya sebelum - sebelumnya?? Cek disini.

Tutorial ini saya buat tentang cara coloring shading dan highlighting cartoon/ anime/ sketsa gambar. Biasanya yang saya liat dibeberapa blog, mereka membuat tutorial coloring itu ribet banget. Dari software ini trus pindah ke software itu. Sebenarnya nggak perlu banyak - banyak software. Yang dibutuhkan cuma Adobe Photoshop. Bagi saya Photoshop itu udah seperti software serba bisa. Emang bener kok. Dari edit foto, sampe buat animasi juga bisa. Canggih gak tu. 

Oke langsung aja, Photoshop berapa sih yang diperluin? Yang mana aja sama, mereka itu cuma tampilan aja yang berbeda. Tapi saya saranin pake CS keatas. Kalau yang saya pake Photoshop CS3.

1) Yang kamu butuhin itu sebuah gambar sketsa. Bisa sketsa tangan sendiri, atau kalau gak bisa gambar kamu bisa download di google.


2) Open gambar kamu ke Adobe Photoshop


3) Di kolom pojok kanan bawah, ada tulisan layers, Nah itu gambarnya kan masih kegembok. Artinya gambar yang kamu open itu belum bisa diedit. Jadi lepas dulu gemboknya alias jadikan dulu dia new layer
Caranya klik 2x pada tulisan backgroundnya


4) Trus ubah namanya biar nanti tidak kebingungan karena dalam teknik coloring akan diperlukan banyak sekali layer. Jadi kalau nggak isi nama saya jamin kamu bakal bingung nantinya. Kasih nama sketch atau apalah terserah kamu. Selanjutnya OK


5) wah gambarnya masih kotor nih. Warnanya masih abu - abu gimana gitu.


6) Jadi tahap selanjutnya kita buat gambar tersebut biar Putih, bersih, mulus, harum.
Caranya, Pilih Image - Adjusments - Levels. Atau biar gampang teken ctrl+L


7) Lalu kamu atur sendiri intensitasnya. jangan terlalu putih biar nggak sakit matamu. Lalu tekan OK



8) Jeng jeng... gambarnya bersih kan sekarang udah kayak model di iklan sabun.


9) Nah mulai dari tahap ini yang perlu kamu perhatikan. Saya jelasin dulu, untuk memudahkan coloring kita harus memisahkan gambar tersebut. Backgroundnya(yang warna putih) dan Sketsanya(gambar orangnya). Disimak baik- baik.
Caranya pilih Select - Color Range


10) Lalu untuk Color sample kamu klik gambar putih yang berada diluar, Trus kedua kamu atur Fuzzinesnya. Ini fungsinya buat menseleksi berapa kadar warna putih yang akan diseleksi. Ga ngerti? saya juga. ya pokoknya ikuti tulis 140 biar cepet


11) Setelah ditekan OK lalu kamu teken tombol Delete, Nah otomatis background putihnya akan kedelete semua sampe keseluk beluknya. Trus teken ctrl+D untuk deselect


12) Trus langkah selanjutnya, buat ulang lagi background putihnya. Dengan layer berbeda.
Caranya buat new layer/ tekan yang ditunjukkan pada nomer 1, Namanya kasi "Background" aja.


13) Trus layer backgroundnya drag pindahkan dibawah layar Sketch. Intinya nanti layer sketchnya selalu diatas. Trus selanjutnya pilih layer backgroundnya, Ubah warna menjadi putih. Lihat Nomer 2.


14) Kalau udah ubah warna, Tekan alt+delete maka otomatis layer backgroundnya akan menjadi putih


15) Oh iya ada sedikit yg lupa, pada layer sketch, bleding modenya ubah menjadi Multiply. 
Nah sekarang kita udah punya 2 layer yaitu sketch dan background


Oke, sekarang kita bisa mulai coloring. Hmm disini saya coba coloring muka dan rambutnyanya saja. Karena kalau semua bakal panjang banget postingannya. Setelah kamu ngerti, tinggal dilanjutin aja. gampang kok.

16) pertama buat layer baru, kedua ubah nama menjadi wajah karena kita akan coloring wajah. ketiga pindahkan layer wajah kebawah layer sketch seperti yang saya bilang diatas. Layer sketch selalu diatas. Dan layer background selalu dibawah


17) Trus pilih layer wajahnya, untuk cara mewarnainya kita menggunakan pen tool seperti yg ditunjuk panah nomer 2. Selanjutnya zoom in bagian wajah.


18) Nah mulai deh tu ngepath. Ikuti garis-garis wajah. Trus yang kedua ubah warnanya menjadi warna kulit. Kalo suka yang item silahkan, kalau suka yang bening silahkan. sesuai selera.


19) Nah gini jadinya kalo kamu udah buat beberapa layer seperti mata, bibir, rambut. Seterusnya lanjutin sendiri aja


Oke belajar coloringnya gampang kan. Sekarang gimana cara shading dan highlightingnya. Bahasanya terlalu berat deh kayaknya, diganti aja jadi memberi bayangan, dan memberi sisi yang kena cahaya. Okesip

20) Hal yang penting diketahui. Untuk mengedit hasil path, Caranya adalah diresterize. Apa ya bahasa indonesianya saya juga bingung ngejelasin. Sudahlah. Oke fokus. kita contohkan pada layer wajah. Klik kanan pada layer wajah lalu pilih Resterize Layer


21) Lalu disebelah kiri lihat, ada 2 tool yaitu dodge tool dan burn tool. Dodge tool fungsinya untuk menerangi warna, dan burn tool fungsinya untuk menggelapkan warna. 2 tool ini yang kita pakai buat memberi bayangan dan sisi yang terkena cahaya.


22) Oh iya perhatikan juga bagian atas dari Dodge tool dan burn tool, Disitu ada range dan exposure. Range itu maksudnya effect yg dimunculkan dari dodge/burn tool itu sendiri. Terkadang ada beberapa warna  yang contrast dari ketiga bagian tersebut. dicoba - coba aja satu - satu. Sedangkan exposure itu adalah bisa dibilang opacitynya. jangan terlalu padat. Gunakan 10 sampai 25% aja.


23) Nah sekarang tinggal diusapkan kewajah sicewek. Liat gambar dibawah. Bagian terang yang dilingkari itu menggunakan dodge tool. bagian gelapnya menggunakan burn tool. Pakai logika aja buat nentuin dimana sisi terang dan bayangannya



24) Hal yang sama juga saya lakukan pada layer rambut, jadinya kayak gambar dibawah



25) Kalau sudah kamu coloring semua bagian tinggal di shading dan highlighting aja deh tuh semua bagian yg menurut kamu perlu dikasih. Dan untuk mempercantik lagi tinggal dibuatin background atau effect - effect lainnya.

finish

Ini beberapa waktu lalu yang sempet saya kerjakan. Sekilas mirip dagang jamu yang lagi liburan di pantai *plak #abaikan. Oke segitu aja sih tutorialnya. Gampang banget kan.


Tutorial yang serupa di youtube saya -> http://www.youtube.com/watch?v=mOd9R1bL9Js


37 comments

langsung aku coba,,sob,,masih awam pake pts,,salam kenal

Makasih banyak nih bang, tutorialnya, soalnya masih bingung nih, kalo abis scan gambarnya bingung mau diapain lagi :D

skarang udah gak bingung lg kan :)

. . wachhhhhhhhhhhhhh,, bagus banget. pengen nyoba. ijin bookmark dulu achhh . .

walau mirip dagang jamu..tapi tetap keren kan :)

wah rumit juga ya bang, banyak step2nya tapi hasilnya bagus ijin nyoba ya bang?*kalo bisa

hehe

weleh welehhh, keren tuh bang, kalo gwe lebih suka typografi pake potoshop sihhh, heheheh, gak berani main objek wajah

keyennnn langsung praktek deh :D makasih tutornya ya bang :D hho

. . ntar bikin kayak gini lagi ya?!? he..86x. aq pngen belajar . .

wah boleh juga nih. mau nih. mau banget. entar dulu. saya baca lagi pelan2. saya pengin bisa. banyak lukisan saya yang coret2 nggak jelas bisa dipoles dengan ini. makasih sharingnya.

wah ada yang asik neh
ijin bukmak dulu sob...

ga, posting tutorial cara buat template pakek Css dong. Gua gak ngerti-ngerti -__-

Absurd bgt nih otak gua T.T

haha gue jg ga begitu paham val. lu pake template simple aja trus edit2 searching di google

kerean sumpah !!!
bakat alami...
cocok masuk arsitek.,,haha

bahaha jangan terlalu memuji gitu ah yan

mantep yog..jelas banget !!

sip sob, salam kenal yah... aku mau coba nih tutor ial

susaaaah.. bikin biar putih bersih -___-"

HAHAHA Nice Post ini tah, :D

keren bro.. :D
shadingnya :D

salam kenal...
thx buat tutor nya...

mantap gan tutor
thanks
saatnya mencoba
hehehehehehe.......

Ancesmen mantaf-mantaf (Y) Sukses gan :)

mantap gan tutor nya..
langsung di praktekan nih...

itu pas hbs bkin path pake pen tool terus biar ada warnanya diapain? trs di layernya ada 2 kotak itu apa ya?

ilmu yang bermanfaat aq share ke komunitasku. terima kasih

wah,sangat bermanfaat ;D
Kunjungi juga nano blog saya :
bombastisx.blogspot.co.id

Mau komen apa aja terserah :)