Sunday, September 8, 2013

Hal-Hal Mainstream Di Twitter Yang Jadi Tanda Tanya

Saya yakin banyakan temen-temen yang lagi baca tulisan ini pasti "Anter". Anter itu kependekan dari Anak twitter. Oke istilah itu cuman ngarang. Jadi anak twitter itu orang yang lebih banyak ngabisin waktunya di twitter ketimbang di Facebook. Kalo di facebook namanya "Anbook" Anbook itu kependekan dari... #alah #plak

Nggak usah dipungkiri lagi. Twitter itu emang asik. Bisa curhat-curhatan, nyombong, nyinyir, update berita, komunikasi sama temen, sampe nyari pacar pun bisa lewat twitter.

Menurut saya nih, yang bedain twitter sama sosmed lainya itu, Karena dia lebih simple, nggak banyak fitur yang ribet. Dan  cuma dibatasi ngetik 140 karakter. Jadi gak mungkin kita nemuin orang curhat sampe elek ditwitter. Ya walaupun sekarang facebook udah mulai mengikuti beberapa fitur twitter dan malah juga mengambil konsep banyak sosmed, tapi masih enakan twitter *pukpuk facebook*

Selama kurang lebih 3 tahun  sama twitter saya sih nyaman-nyaman aja. Nggak pernah nemuin musuh disana, apalagi nemuin orang yang sampe dijadiin pacar. Tapi saya sering nemuin hal-hal mainstream di twitter yang sampe saat ini saya nggak ngerti apa maksudnya. Mulai dari...


Bio

Sekarang, banyak biodata twitter yang mamerin segala jenis aplikasi chating-chatingan. Mulai dari wechat, line, kakaotalk, dan sebangsanya. Tapi untuk hal itu saya ngerti banget maksudnya. 1 Kata yang langsung kepikiran kalo liat bio kayak gitu. "JOMBLO".


Yang saya nggak ngerti, seabsurd-absurnya bio seorang Selebtweet. Masih ada yang lebih absurd lagi. Yaitu bio yang mejengin nama-nama sekolahnya. Contoh kayak gini nih

Maap ya dijadiin contoh :(

Status dia kan kuliah sekarang. Trus kenapa harus ada nama TK, SD, SMP, SMA di bionya? Apa ngarep suatu saat dimention temen-temen TK, "Hay aku temen TK kamu lo..." trus bisa reunian TK gitu? Entahlah. Cuma mereka dan Tuhan yang tau. 

Nyebut Nama Orang Tanpa Mention.
Nah yang ini banyak banget. Orang ngelucu, nyinyir, ngetweet bijak kan masih normal lah ya, masih enak bacanya. Tapi ada orang yang ngetweet seakan-akan dia ngobrol sama temen, tapi nggak ada yang diajak mention. Contohnya " Duh sherly lama banget, aku udah gak tahan sher" atau "ihhh... Ucup kok tau aku lagi di WC!!!" Itu jelas kata-kata yang menunjukkan kalo dia lagi ngajak ngobrol seseorang. Kalo emang dianya gak punya twitter kenapa gak di smsin aja. Kenapa harus dibikin tweet. bikin stres yang baca.

RTRTRTRTRT
Kadang dalam 1 tweet saya melihat belasan RT disitu. Yang dibahas nggak ada. Bikin sakit mata bacanya.  Nggak beda jauh sama tweet-tweet yang nyari followers. Contohnya kayak gini.

RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup: RT @sherly: RT @ucup:

+1
Nah akhir-akhir ini +1 sering dijadiin becandaan sama seleb-seleb tweet. Seperti yang kita tau, +1 itu biasanya dipake di google+ kan. Entah siapa yang pertama kali mambawanya ke Twitter. pertama kali dapet mention yang isinya +1, saya nggak ngerti maksudnya apa. Mungkin saya dikira tukang mie ayam jadi dia mesen mie ayam 1.

Twitter Yang Digembok
Yang saya tau, kalo twitter digembok (privasi) itu, orang yang tidak follow tidak akan bisa melihat tweet-tweetnya. Bahkan untuk sekedar follow itu perlu konfirmasi dulu. Dan yang follow-pun nggak bisa ngeretweet tweetnya. Lah trus kenapa orang-orang seperti itu malah membikin ribet akunnya. Bukannya kita ngetweet itu buat saling sharing. Dan malah banyak orang ngetweet alesannya buat nambah followers.

Tapi coba deh kita kira-kira aja. Kalo alesannya karena biar gak distalkingin orang tertentu (misal: mantan), kan ada tombol block. Trus misalnya kalo alesannya biar lebih privasi. Lah twitter udah ada tab mention seharusnya udah bisa dibilang privasi dan aman. Atau mungkin mereka merasa keren aja dan bangga memiliki gambar gembok di akun mereka? Entahlah.

***

Nah demikian beberapa hal yang masih jadi tanda tanya di pikiran saya kenapa orang-orang sampe banyak yang melakukan. Mungkin dari kamu bisa ngasih jawaban yang masuk akal tentang itu atau mau sharing hal-hal di twitter yang jadi tanda tanya kamu? Share di kotak komentar


46 comments

kalo ngehindarin mantan terus melakukan ritual gembok akun twitter itu sama aja bego bang. buat apa ada tommbo unfoolow, block, report as spam. dan hacket di dunia ini. ahh mereka kurang cerdas.

haha itu gambar bionya keren yak, sampe2 riwayat pendidikan ditulis ssemua. haha

iyasih gue agak aneh ngeliat akun orang yg digembok kayak pagar sekolahan, jadinya kita gak bisa kepo kan #eh..

itu yg masang nama sekolah di bionya dari sd-kuliah mungkin mau pamer kali ya kalo dia sekolahnya keren (iya kali) tp aku kok blm pernah nemu orang yg bahas +1 sama mention pake RT sebanyak itu ya?apa mungkin gue emang ga gaul?

yang RT RT RT itu ada banget banget di TL -_-
tapi belom lama udah tak hempaskan dari following :))

bang gue bio-nya agak anaeh sih tapi nggak nyantumin SD SMP SMA kya gitu..
dulu gue twitternya di gembok soalnya gue lupa naro kuncinya dimana *ini apa sih*

dulu gue gaptek nggak ngerti twitteran haha makannya di gembok, sekarang mah udah nggak

+1 apaan tuh? Kupdet akunya ._.V

ahahaa km yog! Nyindir bgt aku yg akun twitternya d gembok ;-( soalnyaaa... Aah sudahlahh, km gkan paham meski aku jelasin jg! *lalu pergi sambil berurai air mata*

karena yang di block itu bakalan tau kalo dirinya di block, dan otomatis saling ter-unfollow...akhirnya malah sensi2an deh...soalnya mantan tau kalo dirinya di-block...

Yup, gak penting banget itu promo akun di bio, apalagi nama sekolah2nya...kayk berasa ngisi form biodata raport aja...ahaha

ih waaaw..aku abukan anter dong yaa..
aku bahkan ga nulis apa-apa di bio kecuali link blog ._. gila, berasa laku banget gue.. hahahaaa...
eh aku dulu juga masang gembok loh di twitter, pengennya sih biar keliatan gawl gitu..ternyata ga asik..ya aku buka deh gemboknya..

sabar bang, sabar...
gue pegangi tangan elo bang, jangan esmosi. udah bang-udah bang...
biarin aja mau di gembok, mau gak di gembok yang penting abangnya sabar dulu.
hahaha....

Untunglah saya jarang main twitter ternyata ada hal mainstreamnya :)

RT itu singkatan apa sih bang? #kudet_ceritanya

haha sampe segitunya di report as spam :))

nahlo keliatan bgt suka kepon orang

masa gaktau. makanya sering2 maen twitter :o

iya apalagi dibali, orang2nya masih banyak yg RTRTRT gaje gitu haha

oh jadi karena gaptek -___-

lol biar keliatan gaul hahaha

yang marah2 juga siapa hehe

Aku bukan orang yang pakai bio TK-SD-SMP-dst. sih. Tapi menurutku bio kayak gitu masih wajar kok, kan lumayan kalo ketemu temen yang pernah satu sekolah terus follow-follow-an, itung-itung menjalin silaturahmi. Hehehe...

banyak hal abusrd di twitter yog, ahahaha
ada hal yang pake hastag #nomention tapi manngil namanya eh tapi mention juga orangnya. :))
ada yang hobbynya cuma twitwar aja. haha
yah tapi begitulah twitland maklumin aja, ahahaha

wahahaha itu hanya mereka yang tahu. tapi kayaknya kalau yng di lock itu biar aman deh. kan kalau di block usernya tapi nggak di kunci si stalker bisa liat pakai akun lain. iyakan yog? ngerti maksudku kan yog?

berarti bener tebakanku haha

haha iya ada juga begitu :))

gue jadi inget pas itu city vs liverpool kalo gak salah , di TL pada twittwar antar fans .. gara gue ngomong blak2an akhirnya gue di blok sama temen gue sendiri.. hahaha..

gue sih jarang banget twitteran..
habisnya jarang ada temen buat diajak mentionan.. :D

bener banget yog..
sekarang malah facebook latah pake hastag segala...
mungkinkah nanti fb bakalan jadi 140 karakter juga??

Istilahnya itu udah jomblo, Jelek, Cupu, twitternya pake di gembok lagi #ghik

tapi ada yang kurang nih njer yang mamerin nama pacar di BIO mana??

hahaha ada-ada saja yahh para pengguna twitters,, dan kayaknya dari beberapa option di atas ada yang ngena deh sama aku tapi gak mau nyebut ahhh wkwkw yang jelasnya gak sampai semainstream itu.. hmm kayaknya masih kurang deh hal-hal mainstreamnya padahal masih mau baca hal-hal mainstream lainnya^^

gua bukan anter sih, jadi yaaaaaaaaa jarang twitteran, oiya, yg mention tadi tapi ga ke akun twitter temennya, barusan tadi gua juga baca akun yg kayak gitu bang

haha bisa jadi suatu saat juga 140 karakternya ditiru

soal yg itu kan gue paham maksudnya jadi gak ditulis :)

yang mainstream banyak tapi cuma hal2 diatas yg gue gak paham tujuannya hehe

lah kebetulan banget ya :D

betul hehehehe, yang paling ngeselin itu yang RTRTRTRTRTRTRTRTRTRTRTRTRT, bikin rusuh TL .

aduh keknya gue udah ketinggalan banget nih Yog, udah lami nggak buka twitter, bka blog aja udah jarang apalagi ikutan promo...la terus +1 itu artinya apaan Yog?

Sampe skrg aku blm paham knp org2 lebih suka twitter dr pd FB? Pdhal kan fitur di FB lbih lengkap? Aku jrg twit. Makanya folowers ku cm 200an.

Oa, tmn ku pernah bilang. Nyebut nama tanpa mensyen itu jd berasa deket. Apalagi nnt yg d sebut namnaya lgsg bales, kan beda gitu sensasinya, aku pernah nyobain soalnya. Hehe..

RT Yoga lagi. Hahaha..

Sebenernya aku ngga pernah ada masalah sama yg km sebutin di atas. Tapi pernah kejadian, aku unfollow temen aku. Gara2 dia follow banyak bgt artis. Terus tiap si artis ngetwit pasti di kepoin. Padahal tuh artis2 ga ada yg bales twit nya dia. TL ku penuh sama kepoan dia. Bete, unfollow aja.

anjir bnget! Gue merasa tersisihkan dr dunia socmed ketka baca ini. Ya, di bio gue ada kelas dan nama sekolah gue. Tapi cuma nama dan kelas sih, itu jg demi kebaikan gue biar gak disangkain gue itu om2 yang lg cari janda muda. . Heahea

for the last point sih menurut gue itu agak subjektif yaa penilaiannya, krn kita kan gatau ada apa dan alesan apa knapa mereka sampai protek accounts nya. :)

Mau komen apa aja terserah :)