Monday, August 20, 2012

Jangan Pernah Pergi ke Hutan Pada Hari Nyepi

PERHATIAN: Sebelum membaca cerita saya ini, saya sarankan kepada kalian agar menyiapkan mental terlebih dahulu. Ikuti saja jangan banyak nanyak. Dibaca pelan2 aja karena memang agak panjang cerita ini.

Hmm apa sih yang kalian pikirkan pertama kali setelah mendengar kata "BALI" ?? Mungkin yang bakal langsung terpikir itu tempat wisata, pantai kuta, indah, liburan, banyak bule, dan pokoknya pasti yang enak2. Memang sih semua itu benar, tetapi enggak sepenuhnya Bali itu kayak gitu kok. Bali jg sangat kental sekali dengan hal2 magic, Hantu, dan hal2 seram lainnya. Dan warga2 Bali sangat mempercayai hal2 seperti itu. Ya karena emang itu nyata. Di Bali juga banyak tempat2 angkernya. Mulai dari rumah, pohon2 besar, dan banyak lagi. Hal2 magic seperti ini akan lebih terasa apabila kamu tinggal dipedesaan di Bali. Kebanyakan desa2 di Bali masih memiliki sawah, hutan, dan sungai yang jernih. Nah ditempat2 kayak gitu malah yang menyeramkan guys. Gak percaya? Belum ngerasain sih. Saya sebagai orang asli Bali yang sudah dari lahir tinggal di Bali, ingin berbagi sedikit cerita seram saya pada waktu saya masih kecil. Cerita yang sampai saat ini nggak bisa saya lupain.

Ini terjadi kurang lebih 7 tahun yang lalu. Pada waktu itu saya masih kls 6 SD. Dijaman itu saya masih tinggal dan bersekolah didesa tempat bapak saya lahir. Saya akan ceritakan sedikit tentang desa saya. Desa saya sangat jauh dari kota Denpasar. Ya lebih masuk ke daerah pedalaman. Untuk keluar dari desa tersebut cuma terdapat dua jalan utama yang bisa dilalui mobil dan motor. kedua jalan utama ini terdapat disebelah timur desa dan sebelah selatan desa. Dan diujung kedua jalan tersebut akan melewati jembatan yang dibawahnya ada sungai yang untuk mencapai air tersebut kita harus turun berjalan kaki agak lama, jadi sungai ini agak dalam (bukan dalam airnya, tapi menuju sungainya. Airnya sih dangkal dan jernih) Kesimpulannya Desa saya dikelilingi oleh sungai, kalau mau masuk ya harus melewati jembatan tersebut. FYI: jembatan ini sangat seram apalagi malem2. Jalannya yang sepi dan berkelok2

Jadi ceritanya ini pada perayaan hari raya nyepi di Bali. Kalau ada yang belum tau jadi Hari nyepi ini merupakan Hari raya umat Hindu yg jatuh tiap 1 tahun sekali sebagai hari pergantian tahun baru caka. Nyepi itu berarti SEPI. Kami sebagai umat Hindu diwajibkan tidak boleh beraktifitas sama sekali pada hari itu. Terdapat 4 pantangan yang tidak boleh dilakukan pada hari tersebut yang diantara lain; Tidak boleh menyalakan api (lampu, TV, dan apapun yg mengeluarkan cahaya), tidak boleh bekerja, tidak boleh keluar rumah, dan tidak boleh melakukan hiburan. Hal ini dilakukan selama 1 hari full. Memang sangat banyak hal positif yang terjadi oleh hari raya ini. Tidak adanya polusi, kebisingan, dan tentunya Bali jadi Hemat listrik. Namun terlepas dari itu semua bali otomatis menjadi sepi dan menyeramkan. Bayangin aja tuh pada waktu malam2 rumah kalian dan sekitarnya gak ada yang bersuara dan nyalain lampu. Apalagi dipedesaan. Yang terdengar hanya suara angin dan suara binatang2 liar diluar sana. Dan asal kalian tau, pada hari itu para memedi juga dengan leluasa berkeliaran

Yah udah 3 paragraf ceritanya belum mulai juga. hehe maaf ya, kalian juga kan butuh informasi yang lengkap dan akurat. Oke ceritanya sekarang akan saya mulai.

Pada hari itu saya mengalami kejadian menyeramkan. Walaupun saya bercerita diatas soal pantangan yang dilakukan pada hari nyepi. Tapi saya melanggar beberapa. Ya namanya juga anak kecil. Di siang itu tentunya sangat membosankan jika terus dirumah. Seperti tahun2 sebelumnya, saya sebagai anak yang cukup nakal membuat rencana dengan teman2 sekolah untuk berpetualang layaknya si bolang. Jam 1 siang saya janji dengan teman2 bertemu di Pura yang berada didesa saya. Agar tidak ketahuan Pecalang (orang yang bertugas berjaga pada hari nyepi) saya mengambil jalan pintas tidak melewati jalan raya. Dengan melewati kebon2 blakang rumah saya yang bisa nembus ke pura tersebut. Ntah kenapa lewat kebon di hari itu jadi berasa sangat menyeramkan karena terlalu sepi. Sampainya dipura. saya bertemu teman2 yang sudah lama menunggu. Kami berencana akan pergi mandi ke sungai untuk bersenang2. Untuk menuju sungai tersebut dibutuhkan waktu 30menit berjalan kaki. Perlu melewati hutan dan semak2. Saya dengan 3 orang teman saya lalu mulai berpetualang. kami memasuki hutan. Disaat itu perasaan biasa saja karena adanya teman2 yang diajak ngobrol dan bercanda. 

Lagi asiknya ngobrol sambil berjalan pelan2 salah satu teman saya lalu berteriak "Hey teman2 lihat ada pohon rambutan yang lagi berbuah!!!" sebenernya sih pakai bhs bali. jadi ditranslate aja biar ngerti. Dengan cepat teman saya lalu menghampiri pohon rambutan besar itu dan lalu memanjatnya. kami ber 3 yang lainnya menunggu dibawah untuk menangkap rambutan yang dijatuhkan. Saking fokusnya kami dengan rambutan2 tersebut, tiba2 langsung terdengar suara benda jatuh yang sangat keras. " GeeBBbbrRrrRaaaKKkk" Secara spontan kami semua langsung kaget. Suara yang benar2 keras. Sekilas mirip suara bom, jg mirip suara duren jatuh tapi ini sangat keras jadi gak mungkin duren. dan jg terasa sedikit gempa. Anehnya suara tersebut terdengar seperti dari segala arah. Jadi kami semua bingung asalnya dari mana karena setelah itu tidak ada suara apa2 lagi. Perasaan takut mulai menghampiri kami . Kami tersentak langsung menjadi kaku dan terdiam sesaat. Salah satu teman saya lalu memecahkan kebisuan "eh pulang aja yuk, ada yang nggak beres disini!!" Padahal kami sudah setengah jalan. Masak sih balik lagi.  Lalu karena semuanya juga pada takut kami memutuskan untuk kembali saja.

Diperjalanan dengan langkah kaki yang lebih cepat kami hanya berdiam, sepertinya semua pada ketakutan. Kami selalu menoleh kekanan dan kekiri. kewaspadaan kami tiba2 jadi meningkat. Saya pribadi juga sangat takut, jantung 2x berdetak lebih cepat. Saya berharap cepat sampai rumah. Diperjalanan pulang tiba2 suara aneh muncul kembali. Kali ini suara orang seperti berbisik "Hrrraaaggggggggggg..." Semua tiba2 kaget lagi. Sampai salah seorang teman saya langsung mulai menangis ketakutan. Lalu saya bilang "yaudah cepet dikit jalan jangan stop lagi!!" Baru beberapa langkah berjalan tiba2 teman saya berteriak "Hey liat syapa tu dibalik pohon bambu!!!!!" Smua spontan menoleh kearah yang ditunjukknya. Kami melihat sesosok wanita tua menghadap samping, rambutnya putih agak keriting, memakai kebaya (sumpah gak boong, sampai sekarang saya masih inget) Belum sempet liat mukanya, dan tanpa pikir panjang, semua langsung lari, saya udah gak mikirin syapa2 lagi. Saya lari secepat2nya sambil dalam hati berdoa agar bisa kembali kerumah. Saya keluar dari hutan itu, namun ketakutan belum berakhir. saya masih harus melewati kebon sepi itu lagi. Kami semua sudah berpencar, saya nggak tau yang lain pada kemana. Dikebon itu untung saja saya tidak mengalami apa2 lagi. Saya sampai rumah dengan selamat. Namun saya takut kalau hal gaib masih berada didekat saya. Jadi saya menuju kamar. Lalu memakai selimut dan saya berdoa trus sampai ketiduran.



Emang sih didesa saya hal2 seperti itu sudah byasa terjadi. Setelah sore saya bangun, dan ketakutan saya mulai menghilang, dan saya menceritakn hal ini kepada bibik saya. Malah bibik saya jawabnya dengan santai. Bibik saya bilang sudah sering liat sewaktu beliau kecil. Beliau menasehati saya agar tidak berbuat nakal di manapun kita berada. Kata beliau makhluk itu tidak akan menggagu jika mereka tidak merasa terusik. sejak dari sana saya mulai takut kalau harus pergi ketempat yang melewati pohon pohonan. 



Masih banyak lagi cerita misteri di sekitar kehidupan saya. Mulai dari teman2 yang melihat sampai saya sendiri yang melihat. Saya juga pernah melihat bola api terbang pada malam hari nyepi juga tapi tahun lalu.  Lain kali akan saya ceritakan lagi. Terima kasih sudah membaca 


65 comments

mistis ya ._.
ternyata bali dibalik keindahannya ada juga kemistikan disana :O

Mistis banget..
Untung aja gue ga pernah liat hal2 yg kyak gitu... :|

S.E.R.E.M..
biar dibilang diatas gak boleh banyak tanya, tetep penasaran, "memedi" itu apa yog?
karena keluarga ayahku banyak orang jawa timur *surabaya gak jauh kan ya dari bali?* jadi kadang-kadang diceritain tentang Bali sama ayahku. Dulu sih, kalo lihat berita di tv mau hari raya nyepi, ayahku cerita kalo di Bali gak boleh keluar dan beraktivitas apapun. terus kemaren siang juga di tv gak sengaja nonton filmnya bunga citra lestari sama suaminya itu, kan itu juga tentang hari raya nyepi, suaminya keluar pas hari raya nyepi, ke kebun juga, dan akhirnya lihat hal mistis juga.
Yang gak boleh keluar itu cuma pas hari itu kan Yog?

waaaah...
ngeri juga , gue pas study tour ke bali kata guide nya juga ga boleh sembarangan yog ...

ini malah ada yg cerita beginian ...
sereeem , apalagi posisi pas nyepi

serem juga ya bali dibalik keindahannya.

tapi jangan-jangan tuh nenek mau minta diajakin ke salon buat rebonding yog, lo nya ga paham malah pergi.hehe

iya begitulah sak, tp bali tetep indah dan tentram :)

haha syukur kalo lo gak pernah liat :)

Iya bener ikuti aturan aja dot, jangan ngomong2 sembarangan terutama. dijamin pasti aman

haha awas lu dicari ntar yu gara2 ngomong gtuan. gue gak ikut2 ya

wewww..
Di Bali bnyk tempat angkernyaa yahh...?

wew,,
serem juga ya,..
boleh percaya ,boleh tidak...

walah walah, yg berbau mistis emg bikin tegang...

serem juga gan...
gue mrinding bacanya...
kudu ati2 nih kalo ke bali..hehe :) nice info..
salam kenal..

hehe iya terserah orang :)

memang tata cara dan aturan harus ditaati kan. jika ada pelanggaran sedikit saja, jatuhnya menjadi tidak beruntung saja.

wah baru tau bisa begitu, nice post ini bisa jadi pelajaran buat yang lainnya juga.

wah baru tau gw ternyata bali ada sisi magicnya ya,

trus klo lagi nyepi g boleh nyalain hp donk?

Buat ceritanya, menarik buat di simak walaupun serem.hihi

kalo lagi nyepi sapa juga yang mau bantu.. :D
di mataram juga hampir serupa, terutama bila di perkampungan Bali.. :)

wah serem juga ya, untung aja gak terjadi hal hal yang lebih serem lagi.

Oh ya salam kenal ya :D

. . wachhhhhhhhhhhhhh,, seharusnya di ampiri aja dulu tuch cewek. sapa tau bukan hantu. he..86x . .

Huaduh, pengalaman yang mistis banget ya. Saya belum pernah mengalami pengalaman serupa, dan semoga saja jangan sampai deh.

Haddewh.. saya baca ni tulisan menjelang tengah malam saat suasana sepi... -___-"

iya bang sekarang udah gak gitu lg haha

iya bang tp ngelanggar gpp sih :)

jiah mana mikir kyk gt --"

iya bang, emang bali tetep aja indah dan tentram. gue beberapa bulan lalu hunting foto disana haha #eh #kenapajadicurhat

Agak nyesel baca postingan ini malem-malem gini. Merinding beneran! :s
Tapi suer penasaran, itu tadi yang manjat pohon rambutan berhasil dapetin rambutannya nggak?
hehe
Nice story yog :)

berkunjung lagi, buat ngeramein malam. horor dikit, hehe

aaa serem :O

dari Bali ya?
saya dari Lombok..
cie kita tetanggaan *apa pula*
salam kenal^^

ga jadi yog, gue takut :)

pis nek..

iya dia manjat trus rambutannya dijatuh2in. thx mbak :)

tetanggaan tp jauh jg kali mbak :p salam kenal juga :)

serem juga ya ternyata , mistis abis deh :(
takutttttttttttttt

ajerrr serem ._.
gue dulu juga pernah waktu wisata ke Bali denger-denger suara doang tapi-_-v
makannya kata orang2 gak boleh aneh2 di bali u,u
keep writing :)

Gila sumpah, malem malem merinding baca ni postingan, walopun udah tau serem tetep aja gue baca._.

Gue juga tinggal di bali, nih.. Kakak gue baru baru ini dikasi penglihatan untuk ngeliat hal gaib, di umur 18, tahun ini tepatnya. Nah pas ngepi dia juga sempet bilang di kamar mandi gue ada semacam bola api melayang.
Besoknya gue cerita sama temen gue yang hindu, nah kata dia ni kalo bola api itu pertanda *upp sorry "Leak" hiiiii merinding gue pas nulis namanya

jangan nyebut gt disini >.<

kejadiannya di desa mana?

Baru baca nih, sereeemm banget ceritanya,gak mau kebayang -.- terus, memedi itu apa ya ka?

elingang sembahyang kemanten apang irage tan keni masalah sareng sane ring niskala. suksema "ingatkan diri untuk berdoa supaya kita gak dikenakan masalah dengan beliau yang tidak tampak oleh mata telanjang"

cerita nya menarik . :-)

thn 2010 gw ambil cuti 5 hari untuk liburan ke bali. nah pas hari ke 3 itulah gw ngalamin ikut nyepi di bali..baru gue sadarin belakangan ...pas waktu gw liburan sendirian lagi gak punya temen karena gw emang jalan sendiri dan memang benar benar lagi jenuh sama pekerjaan. tapi yang bikin gw gak bisa melupakan hari raya nyepi itu adalah karena posisi gue nginep sendirian dan kebetulan kamar kiri kanan gw tuh bule bule nya dah minggat, karena emang bule punya kebiasaan suka pindah pindah nginep. bujubunet dah...setelah gw disarankan untuk belanja keperluan untuk makan minum di kamar untuk satu hari itu, maka mulailah horror itu . jam 07 malam masih fine fine aja...nah pas jam 09 malam tba tiba keadaan bener bener gelap gulita gw sempet mikir kayak gini kali ya kalo kita di kuburan. mencekam...cuma suara kaki pecalang sesekali yang sedang patroli. di tengah sunyi gelap mencekam tiba tiba di pecahkan oleh suara guntur dan hujan yang tiba tiba turun bagai di muntahkan dari langit. amat deras dan lama.aneh...padahal cuaca tengah panas panasnya dan waktu itu masuk musim panas.segitu aja gue dah sereem rasanya karena gak pernah gue alami gelap bener bener gak bisa lihat apa apa...mati lampu sejakarta sih gak ada apa apanya di banding nyepi di bali. ditambah lagi hotel tempat gue nginep bule bule nye dah kabur dari siang kali... gak ada angin gak ada apa...hujan tiba tiba bagai di curahkan dari langit...asli gue bener benr saking takutnye kagak brani bergerak. dieeem aja...trus diluar bunyi kresek kresek sama kayak bunyi suara mendesis gitu...hiyyyy...gelap, hujan deras, bunyi bunyi aneh lagi diluar kamar gue . kedengaran jelas pas hujan sudah tidak terlalu deras lagi....belom pernah seumur gue ngalamin kegelapan dan ketakutan kayak gitu....dalem hati gue nyesel kenapa tadfi sore gue ketiduran ...kalo gak kan gue bisa ikutan ama bule bule itu minimal numpang tanya mereka mau pindah kemana biar gue juga ikutan gitu maksudnya....cari tempat yang mungkin agak rame an dikit...tempat gue nginep emang agak lumayan kedalam dan butuh waktu 15 menit jalan kaki untuk sampai ke jalan raya...dah gitu tempat gue nginep masih banyak pohon pohon nya...iya...kalo lagi gak nyepi sih indah....tapi kalo lagi kyk gini....suara suara aneh itu tuh yg bikin suasana jadi tambah bikin gue susah nafas saking takutnya...segitu aja pengalaman gue yang bener bener asli gak bohong .

Keren,,, tambah penasaran sama Bali......
:)

aku suka crtanya....yg q mw tw apa di antara kalian pernh melihat wajah hantu sprti kuntil...atw yg lainnya

Mau komen apa aja terserah :)